Cara Kerja Unit Link

Punya asuransi ibarat nya sama seperti kita punya sebuah peternakan yang mana kita pelihara binatang nya adalah : “ke 6 hewan penjaga musibah”

  1. Sapi                                        = Manfaat Meninggal
  2. Kuda                                      = Manfaat Kecelakaan      
  3. Kambing                               = Manfaat Cacat Tetap Total
  4. Kerbau                                   = Manfaat Sakit Kritis
  5. Badak                                    = Manfaat Auto Saving
  6. Gajah                                     = Manfaat Rawat Inap
  7. Plus penjaga kebun             = Biaya Administrasi

Untuk semua hewan tersebut bias hidup terus maka ia butuh makan. Makanan hewan tersebut adalah sama yakni rumput. Begitu juga dengan asuransi yang ada berbagai manfaat nya, agar manfaat tersebut terus berjalan maka juga harus diberi makan yakni : uang (di kenal dengan istilah biaya asuransi).

Pertanyaan nya adalah : berapakah banyak kah rumput yang di butuhkan agar sang sapi dkk bisa hidup terus? /

“Berapa banyakah biaya yang di butuhkan agar manfaat meninggal, dan manfaat yang lain nya dapat tetap berjalan terus?”

Berikut penjelasan nya.., ibarat sapi, dkk yang masih kecil (sebut saja sang sapi berusia 1 bulan) mungkin cukup dengan 1 kg rumput per hari untuk bisa hidup terus. Tapi kalau sang sapi sudah jadi 1 tahun tentu, porsi makan nya akan bertambah (missal 2 kg) agar bisa hidup terus. Juga bila sang sapi sudah dewasa (sebut sudah 5 tahun), jelas porsi makan nya juga akan lebih banyak (missal 5kg) untuk bisa bertahan hidup terus. Begitu pula dengan manfaat asuransi yang harus di beri makan.

Besarnya “uang makan” – biaya asuransi nya bisa terlihat dari ilustrasi atau

dari surat tahunan yang dikirimkan dan berisi biaya asuransi tahun berjalan dan biaya asuransi tahun depan nya.

Berikut Detail nya (lihat gambar ilustrasi)

No Manfaat Asuransi Biaya Asuransi Usia 30 Biaya Asuransi Usia 50
1 Meninggal (si Sapi) Per 100jt = 14.500/bln Per 100jt = 50.917/bln
2 Kecelakaan (si Kuda) Per 100jt = 11.250/bln Per 100jt = 11.250/bln
3 Cacat Tetap Total (si Kambing) Per 100jt = 3.250/bln Per 100jt = 14.083/bln
4 Sakti Kritis (si Kerbau) Per 100jt = 10.500/bln Per 100jt = 69.583/bln
5 Auto Saving (si Badak) Per 750rb/bln = 14.475/bln Per 750rb/bln = 65.125/bln
6 Rawat Inap (si Gajah) Per 200rb/mlm = 100.800/bln Per 200rb/mlm = 131.200/bln
7 Admin (si Penjaga Ladang)  27.500/bln 27.500/bln
8 Total Biaya (Uang Makan) +/- 180rb/bln +/- 360rb/bln

Dari sini, kita bisa tahu, bahwa berapakah biaya yang kita perlukan SAAT INI agar manfaat yang kita miliki terus berjalan. Atau uang makan yang di perlukan agar semua hewan bisa hidup terus. Bila anda berusia 30 tahun berarti biaya asuransi perbulannya nya adalah 180rb. dan bila anda usia 50thn, dengan manfaat yang sama maka biaya nya adalah 360rb/bln.

Pertanyaan nya adalah “Apakah anda ingin

                1. Terus menerus membeli rumput bagi hewan perternakan anda, atau

                2. Anda mulai menanam rumput.., hingga suatu saat anda sudah tidak perlu membeli rumput lagi, karena semua hewan anda                                

                    sudah bisa makan rumput dari ladang yang anda miliki, bahkan sang rumput nya juga bisa beranak pinak?”

 Mana yang anda pilih, yang pertama atau yang kedua?

Tentunya yang kedua bukan.., jauh lebih baik kita tanam rumput sehingga hewan kita dapat terus hidup, dan kita sudah tidak mengeluarkan biaya lagi pada akhir nya. Namun untuk menanam rumput jelas butuh waktu dan modal agar bisa tercipta secara otomatis hewan hewan tersebut bisa makan dari rumput nya saja, bahkan rumput tersebut bisa beranak pinak menjadi banyak.

Begitu pula dengan manfaat asuransi unit link – Repro Allianz, Apakah anda ingin :

                1. Terus menerus membayar biaya asuransi bagi manfaat manfaat asuransi yang anda miliki, atau

                2. Anda mulai menabung lebih, dengan harapan suatu saat nanti anda sudah tidak perlu membayar biaya asuransi

                   tersebut, melainkan bahwa biaya asuransi tersebut bisa di ambil dari kelebihan tabungan yang anda miliki, bahkan

                   tabungan nyajuga bisa beranak pinak?”

Mana yang anda pilih, yang pertama atau kedua?

Kalau anda pilih yang kedua, ini lah yang di sebut premi asuransi dalam program Repro Allianz. Dalam asuransi Repro ini, sudah di setting perpaduan 3 hal yakni: 1.Besarnya Manfaat  2.Jangka Waktu  3.Premi. Dengan kombinasi ketiga hal ini diasumsikan bahwa nasabah cukup setor premi selama (missal 15 tahun) saja, agar manfaat nya dapat terus berjalan dan tabungan nya bisa beranak pinak.

Bagaimana bisa, tabungan kita beranak pinak, sementara kan setiap bulan nya harus di ambil untuk biaya asuransi? Inilah kunci jawaban nya : adalah bahwa :

“BUNGA DARI TABUNGAN YANG ANDA MILIKI

HARUS CUKUP UNTUK MEMBAYAR BIAYA ASURANSINYA

Mari kita anggap untuk memudahkan menghitung, bunga tabungan di asuransi missal adalah 1% per bulan. Dengan contoh di atas, saat usia 30 thn, berarti dengan manfaat yang diatas, maka biaya asuransi per tahun nya adalah sebesar 180rb/bln. Ini berarti BUNGA dari tabungan nya harus lebih dari 180rb. Kalau dengan missal bunga adl 1% per bulan, berapakah pokok nya, berarti pokok nya dalah sebesar 18 Juta. Oleh karena itu bila hari ini anda punya uang (missal 25 Juta), dapatkah melakukan single premi (sekali bayar premi)? Sangat mungkin sekali, karena perhitungan nya akan seperti ini : 25jt akan berbunga 1% = 250rb. Di kurangi 180rb = 25.070.000 (dua puluh lima juta tujuh puluh ribu), bulan depan pokok anda sudah jadi 25.070.000jt, dst. Bulan depan mendapat bunga 1% dan membayar biaya 180rb (250rb – 180rb + 25.070.000 = 25.140.000) dst. seperti itulah polanya.

Bisa anda lihat pokok uang anda terus berkembang meski sudah di ambil untuk biaya asuransi, mengapa demikian? Seperti yang saya jawab diatas kunci nya adalah : bunga dari tabungan yang anda miliki harus cukup untuk membayar biaya asuransi nya. Dengan demikian bila saya punya uang 25jt dan saya bayar sekaligus, maka kedepan nya saya sudah tidak perlu bayar asuransi lagi. Tetapi misalkan saya belum ada dana 7ntuk top up, maka berarti saya setor secara reguler saja 750rb. Hingga suatu saat uang tabungan saya cukup banyak dan bunga 1% per bulan nya bisa membayar biaya asuransi, berarti saya telah aman.

Sebalik nya, bagaimanakah ceritanya bila saya hanya punya uang 10jt dan saya sudah tidak mau menabung lagi, ibarat nya saya taruh 10jt dan selesai. Sederhana saja,10jt berkembang jadi 10.100.000 dikurangi 180rb (biaya asuransi) menjadi 9.9jt. Lalu 9.9jt berkembang jadi 10jt, dikurangi 180rb maka menjadi 9.8jt begitu dst dst.

Ini trelihat bahwa pokok uang anda terus berkurang, dan lama lama justru akan menjadi nol.

Kenapa ini bisa terjadi, karena :

“BUNGA DARI TABUNGAN YANG ANDA MILIKI TIDAK CUKUP UTNUK MEMBAYAR BIAYA ASURANSINYA.”

Hingga pada akhirnya bila tabungan nya menjadi nol. Dan ketika tabungan menjadi nol, darimanakah hewan hewan tersebut bisa makan / darimanakah menfaat asuransi tersebut bisa hidup? Tidak ada, maka polisnya secara otomatis menjadi habis/batal.

Kesimpulan nya adalah : Untuk anda bisa tahu berapa pokok yang harus anda miliki agar asuransi anda tetap berjalan dan tabungan anda tetap berkembang, adalah ANDA HARUS TERLEBIH DAHULU MENGETAHUI BIAYA ASURANSINYA. Setelah anda tahu besarnya biaya asuransi, maka anda bisa mengira – ngira dengan tingkat bunga 1% per bulan berapakah pokok yang harus saya miliki agar tabungan dan proteksi saya tetap berjalan terus.

Inilah yang di maksud dengan cara kerja asuransi unitlink. Maka dari itu setelah mengerti cara kerja asuransi ini, kita bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini yang sering menjadi salah paham :

  • Bisakah nabung nya hanya 5 tahun? Jawab : bisa, asal bunga dari tabungannya cukup untuk bayar biayanya.
  • Kata agen saya stl 10thn, bisa diambil uang nya? Jawab : Ya, bisa. Tetapi kalau sampai uang tabungan nya habis, maka proteksi nya menjadi batal/gugur. Karena manfaat asuransi sama seperti hewan yang harus diberi makan.
  • Bisakah ditengah tengah saya berhenti namun tetap tercover? Jawab : sebelum 24 bulan tidak bisa., bila polis lebih dari 24 bulan, maka secara otomatis by system, tabungan anda akan di potong untuk membayar biaya asuransi, dan anda tetap tercover. Sebelum 24 bulan tidak bisa otomatis memotong, sehingga bila polis dibawah 24 bulan, dan tidak setor. Maka polis menjadi lapse / batal yang efeknya adalah bila nasabah mengalami musibah, maka tidak tercover.
  • Kalau begitu, bisakah saya di tengah jalan, hanya baya biaya asuransi nya saja? Jawab : Bisa. Setelah 24 bulan, bisa.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *